RANCANG BANGUN APLIKASI MARKETPLACE (STUDI KASUS : DINAS KOPERASI DAN UKM PROVINSI KALIMANTAN SELATAN)
Keywords:
E-commerce, Marketplace, UMKMAbstract
Penggunaan media teknologi digital dapat digunakan untuk mempromosikan produk UMKM, danĀ menemukan pasar potensial bagi produk yang dihasilkan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara terdapat permasalahan berupa tidak adanya wadah digital yang mengakomodir khusus provinsi Kalimantan Selatan. Di Indonesia memang banyak terdapat aplikasi marketplace yang berbasis website ataupun mobile. Namun, marketplace yang khusus untuk provinsi Kalimantan Selatan dan dikelola sendiri oleh pemerintahan provinsi masih belum ada. Aplikasi marketplace yang dibangun metodologi Systems Development Life Cycle (SDLC) dengan model Waterfall. Tujuan yang dicapai yaitu terbangunnya aplikasi marketplace yang dikelola sendiri oleh pemerintahan sebagai pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Diharapkan data sebaran produksi dan transaksi UMKM pada Provinsi Kalimantan Selatan menjadi lebih akurat dan dapat dijadikan acuan sebagai tingkat perkembangan suatu UMKM. Kemudian dari pihak UMKM yang berdomisili di Provinsi Kalimantan Selatan sendiri dapat lebih dikenali produknya di kota sendiri, karena didukung oleh pemerintahan dalam hal promosi.